Rabu, 06 Juni 2012

GUA PAWON


GUA PAWON GUA INDAH NAN EKSOTIS


Oleh Aditya Gusti Nugraha & Kirman Nurdin Alamsyah

Gua Pawon adalah sebuah gua yang terletak di Kecamatan Cipatat, Padalarang, kabupaten bandung Barat. atau sekitar 25 Km arah barat Kota Bandung. Mungkin bagi teman - teman yang sering melakukan perjalanan Bandung - Cianjur sudah tidak asing lagi dengan daerah Cipatat. Daerah yang banyak dijumpainya gunung kapur dan banyak sekali pengrajin marmer disepanjang jalannya. Gua ini adalah sebuah tempat yang penting bagi orang Sunda karena disana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang konon adalah nenek moyang orang sunda (masih diteliti di Balai Arkeologi Bandung). Namun sayangnya popularitas Gua pawon sendiri sebagai sebuah tempat wisata kalah dengan tempat - tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Bandung. Misalnya saja oleh Kawah Putih, Tangkuban Perahu tauapun situ Cibubur yang berada didekatnya.
Hari ini tepatnya pagi tadi saya bersama seorang teman melakukan perjalanan ke Gua Pawon, karena dilandasi rasa penasaran yang tinggi akhirnya kami sampai disana. Sayangnya dalam perjalanan ke Gua Pawon ini kami cukup kesulitan dikarenakan akses jalan yang kurang baik. Jarak antara jalan raya ke Gua Pawon cukup jauh, dan jalannya sangatlah tidak layak. Kami disuguhkan jalan berbatu yang membuat motor kami kesulitan melintasinya. Namun setelah bebrapa menit dari jalan raya, akhirnya kami sampai juga di Gua Pawon. Dan Gua ini sungguh membuat kami lega dan puas dengan keindahannya.
Berikut ini adalah foto - foto yang kami ambil di Gua Pawon.



(KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR)

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar